Metro Mini.. Oh.. Metro Mini
Kendaraan yang satu ini adalah kendaraan favorit gw semasa kuliah. Berangkat kuliah naik metro, pulang naik metro juga. Disamping karena biayanya yang murah, kendaraan ini juga super duper aman dari mara bahaya kecelakaan lalu lintas. Bayangin aja, itu body bis tebel banget! Isinya dempulan semua, padahal gw yakin klo dempulnya dirontokin semuanya itu body bis aslinya tipis tetapi demi menjaga keselamatan para penumpangnya akhirnya pengusaha metro mini dengan yakin mendempul seluruh bagian body bisnya. Disaat gw pertama kali naik metro dan saat itu metronya gak jalan-jalan karena ingin mendapatkan penumpang akhirnya dia mangkal lama banget. Untung ada petugas terminal mukul body metro pake kayu, gw udah shock banget klo bodynya penyok, ternyata kenyataan berbicara lain. Body sama sekali tak meninggalkan jejak kalo tadi abis dianiaya sama petugas terminal. Membuat gw semakin yakin kalo pengusaha metro mini udah mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal ini.
Gw terkadang suka bingung kenapa orang-orang lebih suka naik kendaraan pribadi kaya motor atau mobil padahal itu sama sekali gak aman dan gak murah. Bayangin aja kalo yang naik mobil nabrak mobil lain! Pasti mobil itu bakalan lecet. Tapi klo naik metro, mau nabrak kaya apa juga sama mobil-mobil lain, pasti lecet dan penyok nggak ada. Bahkan kerasa pun nggak kalo ditabrak. Tau-taunya supirnya disuruh turun terus diomelin sama yang ditabrak tadi, supirnya diomelin juga nggak masalah. Metronya nggak kenapa-kenapa tapi stress gara-gara disuruh gantiin. Mungkin dalam hati supir metronya berkata “amsyong deh ini, mana ini duit tadinya buat bayar kontrakannya Bang Darso.” Walaupun emang metro itu sama sekali gak cocok buat orang pacaran terus dibuat jalan-jalan. Masa nanti yang cowok bilang gini ke ceweknya, “sayang nanti kita pergi yuk ke Plaza semanggi naik metro. Aku tungggu diterminal ya jam tujuh. Jangan telat biar kita dapet duduk di bis!”
Sebenarnya setelah gw naik metro, gw bayak dapat pelajaran tentang kehidupan di Jakarta. Berbagai macam orang dapat gw temui di terminal. Mulai dari mahasiswa dan mahasusah, wanita karier, orang kantoran, supir bus way, tukang nasi goreng, pedagang asongan, pengamen, copet, dan macam-macam profesi lainnya ada semua di sana. Kecuali dokter dan petinggi negara yang pastinya nggak ada dan gw teramat sangat yakin atas hal itu. Semua terlihat berlomba-lomba mencari apa yang mereka mau melambangkan kehidupan di terminal yang teramat bahaya bagi seorang yang gak kenal dengan dunia luar akal sehat. Bayangin aja coba, asap metro yang item banget layaknya kabut asap kebakaran hutan membuat semua orang harus menghirup itu yang ada di dekat bisnya. Ada aja yang jual makanan di tempat menunggu penumpang padahal asap item knalpot bis nyemprotin makanan itu terus tiap kali ada yang lewat. Ada juga anak kecil lah yang disuruh ngemis terus ditungguin sama emaknya di luar bis. Benar-benar satu pangung kehidupan naas. Disana keamanan juga sama sekali gak terjamin. Pernah suatu ketika gw naik bis terus duduk dipojokan belakang bis sama teman gw. Tiba-tiba ada gerombolan yang naik dan duduk disampin gw dan teman gw. Dia ngeliatin kita berdua. Gw sangka ini preman-preman nafsu sama gw dan teman-teman gw tapi ternyata tidak! Dia nafsu sama jam yang dipake sama teman gw dan nafsu juga sama isi tas gw yang dia tahu kayanya gw baru beli HP karena kardus HP gw bawa-bawa di luar tas. Lalu sacara sigap dan tangkas gw dan teman gw waspada, sempet gw punya pikiran untuk kabur. Emang HP baru dan barang-barang berharga lainnya mungkin selamet tapi taunya gw langsung dilindes sama mobil di belakang karena gw tersadar ternyata bisnya lagi jalan. Gw dan temen gw pun sok satai aja, pura-pura gak tau niatan mereka. Padahal dalam hati gw udah teriak-teriak minta turun. Untung aja mereka gak jadi nyopet soalnya di tas gw juga ada lap top saat itu.
Tapi gw salut sama supir metro, kalo pas lagi macet-macetnya di Jakarta, dia bisa aja gitu nyelip-nyelip kanan-kiri semau dia. Gak peduli mobil di belakangnya kesel sama dia walaupun udah dilaknat-laknat yang penting cepet sampe terminal. Mungkin supir metro berani kaya gitu karena dia udah dijamin aman kalo dia dan penumpangnya gak bakalan mati kalo ditabrak sama rudal sekali pun karena tebelnya dempul metro layaknya beton jalan tol Cipularang. Yang gw bigung kalo jalan lagi sepi, metro itu jalannya pelan-pelan banget kaya mobil doyok. Maksudnya dia apa? Pengen gw tanya sama dia bikin sim dimana dia yang diajarin kalo di jalan sepi harus pelan tapi jalan rame wajib nyelip-nyelip. Walaupun gitu rasa salut gw gak sampe situ aja, gw juga salut kalo hampir setiap metro abnormal dan semua supir metro bisa menguasai metro tersebut ! Jadi gw baru sadar setelah ada suatu kejadian yang co driver *baca: kenek* metronya turun dan ganjal bannya. Gw sempet berpikir kalo keneknya gitu takut bannya gelinding sendiri tapi kenyataan menyadarkan gw disaat supir metronya berteriak kepada keneknya,
“ Sudah kau ganjal bannya? Ini kopling mobil sudah habis lalu gigi satunya mati.”
Lalu keneknya berkata, “ sudah bang, kau masukan saja ke gigi dua. Bisa itu tapi pelan-pelan lah kau! ” Mereka berdua berbicara dengan logat Batak yang kental.
Alamaaaaaakjanggutbapakpanjang..... Sama aja gw naik rollercoaster jalanan. Metro yang gw naikkin itu dari terminal kebut-kebutan terus nyelip-nyelip kaya bajaj. Pasti kanvas rem udah abis, kopling juga abis dan gigi satu mati. Gak nyangka supir metro ini ternyata lebih canggih daripada pembalap F1 yang gak berani nyetir kalo mobilnya sedikit gak enak tapi malah supir metro dengan santainya mengendarai metro itu yang jadah nan abnormal. Supir bis metro bisa jadi kalo disuruh bawa mobil yang Power Steering tiba-tiba poros steer patah gara-gara biasa belokin metro setengah mati tapi ini Cuma sedikit aja udah belok akibat menyiapkan tenaga yang lebih.
0 Responses
  • Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x